Saturday, July 26, 2008

Homo Bloggerensis

Beberapa hari lalu, gw diberi "award" berikut ini oleh Omme QQ :)


Tersanjung sekali sebenarnya, tapi... dengan sangat menyesal, mesti berlaku bak penerima Piala Citra tahun lalu (atau 2 thn lalu ya?) yang mengembalikan pialanya. Bukan apa2, gw nggak sanggup dengan persyaratannya :)

Jadi, penerima "award" diberi syarat sebagai berikut:
1) Put the logo on your blog.
2) Add a link to the person who awarded you.
3) Nominate at least 7 other blogs.
4) Add links to those blogs on yours.
5) Leave a message for your nominees on their blogs.


Doooh... ini persyaratan yang amat sangat berat buat gw... hehehe... karena secara tidak langsung disyaratkan untuk MEMBUAT SEBUAH BLOG ENTRY, dimana terdapat tautan pada blog si pemberi penghargaan dan 7 blog lainnya yang gw nominasikan. Berat, karena gw kalau nulis selalu nunggu mood. Nggak bisa dikasih tema harus nulis ini-itu.

Maafkan dakyu, ya Jeng. Nothing personal,.. hehehe.. ini bukan kali pertama gw menolak sebuah rantai tulisan. Sebelumnya, Bapaknya Advaya pernah mengulurkan matarantai yg senada... dan gw tolak juga ;-)

Yaah... gw memang bukan blogger gaul ;-)

Blogger Gaul adalah salah satu dari 4 sub-spesies dari Homo Bloggerensis yang gw temukan di dunia maya. Mungkin masih ada sub-spesies yang lain, tapi belum ketemu ;-)

Menurut yang gw amati, motivasi dasar seseorang untuk nge-blog itu dapat dibagi dalam 4 kuadran. Kuadran ini terbentuk berdasarkan aspek interaksi blogger dengan orang lain, serta fungsi tulisan sebagai bentuk penyaluran diri si blogger.



Kuadran pertama adalah blog sebagai sarana menyalurkan ide2 kreatif. Di sinilah berkumpulnya para penulis kreatif, yang produktif menghasilkan karya2 asli yang enak dibaca dan perlu. Mereka menggunakan blog sebagai media menampung ide2 yang berdesakkan di kepala. Bahwa kemudian blognya dibaca banyak orang, itu adalah efek samping yang menyenangkan, bukan tujuan membuat blog itu sendiri.

Kuadran kedua adalah blog sebagai sarana untuk "bergaul". Di sini, blog digunakan sebagai "tempat bertukar cerita" antar teman. Jadi tujuannya memang lebih sebagai tempat berkabar tentang ada apa hari ini. Cerita ringan sehari-hari yang deskriptif, tapi akrab. Biasanya ada fasilitas khusus semacam shoutbox yang memungkinkan blogger saling menyapa tanpa harus buka comment box. Blogger lain datang bukan melulu karena ingin baca tulisan, tapi karena akrab. Dan sebagai salah satu bentuk keakraban, sering kali antar blogger bikin tema yang sama, untuk saling tahu tentang masing2.

Di kutub yang paling ekstrim dari sub-spesies ini adalah mereka2 yang bikin blog karena menganggap blog itu lagi happening ;-) Jadi, kalau mau gaul, ya harus punya blog! Nggak penting isinya apa.. kalau perlu ngopy-paste dari orang2 yang tulisannya keren biar "nilai diri" di mata lingkup sosial makin tinggi ;-) Neng d14na yang blognya sudah diblokir wordpress ini mungkin masuk kategori ini ;-)

Pada kutub ekstrim yang lebih positif, Blogger Gaul ini hobinya kopdar ;-) Bikin blog buat ketemu orang2 baru yang bisa diajak kopdar: ngebahas lebih rinci aspek kehidupan yang belum terbahas di blog, mungkin ;-)?

Kuadran ketiga adalah blog sebagai tempat menampung isi hati atau pikiran. Catatan pribadi yang dipublikkan, gitu menurut istilah seorang teman ;-). Contohnya nggak banyak, dan gw gak tega untuk memampangkan tautannya di sini. Silakan cari sendiri saja.. hehehe... ada kok blogger2 yang sampai "daleman2"nya dipampangkan di blog tanpa tedeng aling2. Bahkan yang seleb juga ada!

Pernah gw sampai mengernyitkan dahi dan gak tahan untuk nulis komentar, "Apa perlu kronologis pra & pasca perceraian Anda dengan istri Anda dipampangkan sedetil2nya di blog publik seperti ini? Apakah ini sejalan dengan niatan Anda yang menginginkan yang terbaik buat putra Anda?" Komentar gw nggak dijawab sih... hehehe... dan gw juga nggak butuh jawaban. Gw kan emang opinionated aja orangnya ;-)

Tapi di antara blogger yang gw kategorikan curhaters ini ada yang kreatif juga! Catatan hariannya nggak dibikin gamblang, meskipun publik. Dia bikin kode2 tersendiri yang nggak bakal terpecahkan kalau kita nggak punya buku kodenya ;-) Blogger ini menginspirasi gw untuk menulis tentang Navajo Code beberapa waktu lalu. Kalau diperhatikan bagan yang gw buat di atas, maka orang2 seperti ini adalah yang berada di kutub kiri golongan Curhaters. Mereka yang bikin blog karena menulis merupakan indulgence bagi mereka, tapi bukan untuk mendapatkan simpati dari kelompok sosial.

Naaah... kuadran keempat, isinya adalah The Misfits. Orang2 yang tidak menggunakan blog sebagai sarana sosial, tapi juga bukan sebagai sarana menghasilkan karya kreatif. Lebih merupakan sarana menuangkan unek2 diri yang sulit dikeluarkan dalam percakapan nyata, karena berpotensi untuk membuat yang mendengar berteriak, "What the f*ck are you talking about?" Saking anehnya pendapatnya. Atau saking sinisnya pendapatnya. Atau... simply karena terlalu panjang, berliku2, atau apa pun yg membuat pendengar males dengernya... hehehe...

Hehehe... The Misfits kan bukan berarti mengidap Antisocial Personality Disorder ;-) Jadi, nggak mau nyusahin orang2 dengan omongan/pendapat/curhat/pikiran/perasaan kami yang mungkin bikin muntah.. hehehe... Tapi, berhubung semua itu mesti dikeluarkan biar gak jadi jerawat, makanya ditulis aja di blog.

Dan gw rasa... gw termasuk dalam kategori The Misfits ini. Makanya blog gw cocok buat mengembangkan mazhab siletiyah... hehehe... Gak ada tanda2 kegaulan sedikit pun pada blog gw ;-)

Mengapa gw menjadi misfit? Well... ini pastinya merupakan hasil interaksi antara faktor herediter dan lingkungan sekitar gw ;-) Tapi... dari herediternya, hal ini berkaitan dengan tipe kepribadian dan area kecerdasan berkembang/kurang berkembang pada diri gw ;-)

Click to view my Personality Profile page



Ngomongin area kecerdasan, Howard Gardner mengemukakan sebuah teori bahwa kecerdasan manusia itu beragam. Ada 8 ranah kecerdasan pada diri manusia. Di antara 8 ranah itu, ada yang perkembangannya sangat bagus, ada yang kurang bagus atau biasa2 saja.

Kalau dibaca dari hasil tes iseng2 di MyPersonality.Info di atas, terlihat bahwa ranah kecerdasan gw yang paling berkembang adalah "kecerdasan bahasa". Dan.. ranah kecerdasan yang paling tidak berkembang (di luar Bodily Kinesthetic yang entah kenapa gak masuk pada bagan), adalah: "kecerdasan interpersonal". Artinya: gw emang susah gaul.. hehehe... kemampuan gw untuk membina hubungan interpersonal kurang berkembang. Tapi kecerdasan berbahasa gw tinggi. Makanya, gw suka nulis blog, tapi gak terlalu suka ngobrol sama orang ;-)

Lihat ke sisi kiri pada bagan yang sama, tergambar hasil tes tipe kepribadian gw. Naah.. kalau tipe kepribadian ini dasarnya adalah teori kepribadian Carl Gustav Jung. Teori ini mendasarkan tipologi pada preference terhadap 4 aspek kehidupan. Hasilnya, seperti terungkap di atas, gw adalah INTJ, the Strategist. Ciri utamanya memang instrospektif, analitis, dan hobinya memformulasikan ide.

Tapi... lihat preferensi pertamanya: introverted, yang lebih suka sendirian, nggak bergaul, private, dan dengan sendirinya cenderung nggak banyak teman. Apalagi... seperti digambarkan dalam penjelasannya, orang2 INTJ punya kepercayaan diri yang tinggi sekali. Over PD.. hehehe... sehingga sering terlihat dari luar sebagai arogansi ;-) Terutama jika sudah menyangkut hal2 yang berkaitan dengan kompetensi dan formulasi ide. Nggak heran jika banyak orang yang mengatakan gw punya arogansi intelektual, dan membuat makin males aja main sama gw ;-)

Dan susahnya... karena gw pada dasarnya menikmati kesendirian, maka gw juga nggak terbeban dengan "tuduhan" arogansi itu.. hehehe... Gw santai2 aja, sedikit merasa senang malah, karena bisa lebih menikmati kesendirian gw.

Lha, jadi, kalau orangnya nggak suka bergaul, kenapa kelihatannya rame abis? Well... jangan salah ;-) Dulu ada yang bilang bahwa gw itu seperti syair lagu Monalisa.

Mona Lisa - Nat King Cole



"Do you smile to tempt a lover, Mona Lisa?
Or is this your way to hide a broken heart?"


Hehehe... jangan tertipu dengan angka awal ;-) Keramaian gw mungkin sebuah jalan supaya orang terkesima, merasa sudah tahu banyak tentang gw, sehingga tidak lagi bertanya2 dan masuk ke kehidupan gw terlalu dalam ;-)

So... sekali lagi, mohon maaaaaaaf banget kalau gw nggak bergaul ;-) Bukan yang congkak, bukan yang sombong... tapi... yaaa... beginilah gw apa adanya ;-) Ajaklah gw berpolemik di blog, tapi.. jangan suruh gw meneruskan matarantai kegaulan ;-)