Friday, February 09, 2007

Researching My Blog

Ada satu pertanyaan yang menurut gw lebih susah dijawab daripada: duluan mana, ayam atau telur? Kalau yang itu sih jawabannya gampang: pasti duluan ayam, karena kalau ada telur duluan, siapa yang mengerami? Kalau ayam kan bisa dibikin langsung oleh Tuhan. Masih ada yang ngeyel bilang telur ada duluan? Yeee.. ngapain juga Tuhan bikin telur yang harus susah2 dierami dulu supaya jadi ayam, kalau dengan effort yang sama Dia bisa langsung bikin ayam ;-)?

Jadi apa dong pertanyaan yang lebih susah daripada itu? Adaaaa! Pertanyaannya: May, loe suka ngutak-utik data karena kerja jadi researcher, atau loe jadi researcher karena suka ngutak-utik data?

Pertanyaan itu, swear, masih susah gw jawab.. hehehe.. Soalnya, sebelum kecemplung di bidang ini, gw gak pernah kebayang pingin jadi researcher. On the other hand, niat iseng2 gw kerja di bidang riset sambil nungguin turunnya ijin praktek, kok ya keterusan lantaran tugas2nya sesuai dengan hobby gw main teka-teki. Niatnya cuma 6 bulan, eeeh.. sekarang udah 10 thn di bidang ini.

Yup! Gw emang seneng banget main teka-teki, sampai kalau udah kehabisan bahan gw men-teka-teki-kan hal2 yang harusnya nggak usah dipikirin.. hehehe.. Seperti Juli lalu, misalnya, gw iseng2 menganalisa hubungan antara komentar dan kebermaknaan blog. Bener2 iseng, nggak pakai perangkat yang memadai.. hehehe..

Sampai sekarang gw masih penasaran sama teka-teki yg itu. Makanya, waktu bapaknyaima menyarankan nambahin Google Analytics di sini, dengan semangat langsung gw lakukan. Memang, belum bisa kasih detil hasil yg gw harapkan, namun data2nya lebih komplit untuk diutak-atik.

*Bapaknyaima mahfum banget bahwa istri tercintanya (tsah! tercinta!) tergila2 pada data.. hehehe.. Maklum, dia dulu juga merupakan bahan penelitian gw. Kalau gw belum bisa menolak semua hipotesa nol tentang dia, mana mau gw dipacari, apalagi diajak nikah.. hehehe.. *

Google Analytics tuh apaan sih? Ini adalah perangkat lunak dari google untuk mendapatkan data tentang bagaimana pengunjung menemukan blog kita, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan blog kita. Tampaknya perangkat lunak ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan para pemilik situs professional, yang harus memantau keberhasilan situsnya. Tapi.. lantaran gratis, kita2 bisa pakai juga.

Buat gw yang maniak data ini, Google Analytics sangat menarik! Data2nya komplit! Beberapa data sudah dikeluarkan dalam bentuk chart, seperti: darimana saja pengunjung mendapatkan blog gw, di mana saja lokasi pengunjung blog gw, keywords apa saja yang dipakai sehingga dari googling bisa mampir ke sini, entry mana saja yang dibaca, bahkan berapa menit lamanya entry gw dibaca.

Data kemarin, misalnya, menyebutkan bahwa dalam seminggu terakhir 393 pengunjung segera kabur dalam waktu up to 10 seconds. Rata2 pengunjung menghabiskan waktu 3 - 10 menit untuk membaca (48 orang), 10 - 30 menit (43), atau speed reading 1 - 3 menit (21 orang). Yang lucu.. ada 12 orang yang mantengin blog gw selama lebih dari 30 menit.. hehehe.. Secara gw jarang nulis dari situsnya (biasanya entry gw kirim via email), maka bisa gw bilang yg 12 orang ini tidak termasuk gw.

Nah lho, kalau lebih dari 30 menit, sebenarnya mereka2 ini lambat membaca atau segitu ngefansnya sama gw sampai blog gw gak ditutup2? HAHAHAHA.. Hayo, para secret admirers gw pada ngaku ya ;-) *narsis mode: ON*

Lantas, gunanya apa, kalau gw punya data2 ini? Kan blog gw bukan blog profesional, dan gw gak perduli traffic?

Yaah.. mungkin gunanya lebih sebagai feedback gw ya? Menulis, biar bagaimanapun, adalah suatu proses belajar. Dan yang namanya belajar tuh perlu dapat input tentang hasil belajarnya. Dengan data2 ini kan gw bisa tahu (setidaknya bikin asumsi lebih lanjut) tentang apa dan kenapa blog gw dikunjungi, apa dan bagaimana gw harus memperbaikinya.

Kalau makin banyak orang yang kabur dalam 10 detik pertama, misalnya, berarti tulisan gw memang bikin orang gak berminat baca lebih lanjut. Entah topiknya gak asyik, atau penyampaiannya gak OK. Baca lagi data tentang entry apa yg mereka kunjungi, entry keluarnya, kapan masuk, kapan keluarnya, dan bikin crosstab tentang data2 itu.

Kalau 3 - 10 menit nongkrong di blog gw kayaknya wajar, secara tulisan gw panjang2. Kalau makin banyak yang nongkrong lebih dari 30 menit, mungkin bapaknyaima yang harus mulai khawatir.. HAHAHAHA..

Ohya, buat 380 orang yang sudah mengunjungi gw hari ini (terdiri dari new visitors dan those who return after previous visit in one day), gw ucapkan terima kasih sebanyak2nya. Makasih juga untuk yg balik antara 1-3 hari terakhir (92 orang). Berdasarkan data hari ini, hanya 17 pengunjung yang baru datang lagi setelah 2 minggu atau lebih ;-) Makasih ya.. omelan dan gerutuan gw ada juga yang baca ;-) Semoga ada gunanya buat Anda2 semua :-)

RALAT 9 Februari, Malam:

Sebelum orang2 tercengang melihat angka 380, gw ralat dulu! Ternyata gw salah masukin data dari Visitor Recency, padahal gw mestinya ambil dari Daily Visitor ;-). Yang benar: ada 129 pengunjung hari ini ;-) Angka 380 adalah jumlah pengunjung (dalam 1 minggu) yang kunjungan baliknya dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam. Data selanjutnya juga dari visitor recency, jadi 92 kunjungan balik dalam jangka 1-3 hari, dan hanya 17 kunjungan balik yg berjarak antar kunjungan 2 minggu/lebih. Maaf atas kesalahan data ;-) Lieur, euy, bacanya ;-)

UPDATE 12 Februari:

Sepanjang akhir pekan, gw sempat dapat insight lain: Google Analytics membuat gw merasa menjadi Big Brother dalam 1984 (G. Orwell). Dulu, pas gw baru baca buku ini, gw sempat mengangankan betapa asyiknya dia, punya teknologi canggih untuk mengamati orang2 lain secara mendetil. Sekarang baru ngerasain sendiri, dan.. rasanya asyik juga ;-) Big Brother is watching you.. ;-) Eh, salah ya? Harusnya: Big Sister is watching you ;-)