Saturday, July 15, 2006

Dhani Dewa Code

Gw emang selalu jengah kalau dengar lagu ini. Walaupun gw gak tergolong kaum puritan atau konservatif, tetap aja gw gak nyaman mendengar cerita yang menjabarkan birahi secara denotatif (halah!). Gw masih menganggap yang beginian harusnya diceritakan dengan metafora yang konotatif.

Tadinya sih gw diam saja karena tampaknya orang2 lain gak terganggu dengan syairnya. Tahu aja kan, gw tuh suka mikirin serius hal yang sepele? Kadang2 mikirnya kejauhan pula.. hehehe.. Tapi gw jadi lebih pede buat ngebahas karena tadi malam bapaknya Ima, upon hearing the song on TV, tiba2 berkomentar:

Buset ya, fantasinya si Dhani! Jadi, lagu yang jelas2 hanya penghalusan dari I want to F*ck gini gak ada yang demo? HAHAHA.. ;-)

Tahu kan lagu yang gw maksud? Sedang Ingin Bercinta tulisan Ahmad Dhani.. ;)

Sekilas sih bahasa Indonesianya baik2 saja. Sopan. Tapi coba lihat apa yang ingin disampaikan oleh lagu ini. Gw terjemahin pakai bahasa Inggris deh, biar lebih gamblang.. ;-)

Everytime you are there why [does] my heart
beat faster
like a drum marching to a battle
Everytime you are there why [does] my blood
run faster
from toe to head
Everytime you are there my brain plots
how to be with you alone
Reff:
I want to make love
Perhaps because you are there
I want to
Hehehe.. jantung yang berdetak lebih cepat, darah yang mengalir lebih cepat, dan pikiran yang penuh dengan bagaimana caranya bisa berduaan.. bukankah ini gambaran yang sangat gamblang tentang sexual arousal? Kalau ditulis dalam bahasa Inggris lebih terlihat gamblang kan, bahwa lagu ini full of lustful fantasy ;-)?


Hehehe.. either Dhani sedang bercerita tentang mahluk yang sangat gorgeous (sehingga begitu dia muncul aja orang sudah berfantasi macam-macam) atau bercerita tentang a beast (yang lagi masuk mating period sehingga pikirannya aneh2), yang jelas lagu ini bercerita tentang birahi dalam bentuk yang paling gamblang. And get away with it ;-)

Gw gak ngerti kenapa gak didemo.. ;-) Apakah karena orang2 yang selama ini mendemo gak ngerti bahasa Inggris, sehingga luput mengenali paparan yang lazim banget tertulis di adult literature.. ;-)? Mungkin mereka gak ngerti bahwa make love itu tidak selalu mengandung unsur love.. ;-)

Hehehe.. ternyata men-disguise sesuatu tuh gampang ya.. ;-)

Dan pikiran nakal gw: kayaknya pihak yang sekarang sering didemo tuh bisa belajar dari Dhani bagaimana men-disguise jualannya supaya kelihatan sopan.. ;-)

Salut deh atas keberhasilan Dhani yang [sengaja maupun tak sengaja] berhasil creating a brilliant code.. ;-) Just like Da Vinci, I think you're a genius!