Monday, May 29, 2006

Si Keras Hati

Sekitar 1.5 bulan lalu, Ima minta agar dia boleh membagikan bingkisan pada teman2 sekelas pada hari ulang tahunnya 12 Juni nanti. I said no, karena memang perjanjiannya Ima gak akan merayakan ultahnya lagi setelah masuk SD. Umur 7 thn sudah terlalu besar untuk dirayakan di kelas, walaupun hanya dengan bagi2 goody bag.

Selain alasan itu, ada alasan lain juga sih. Pertama, teman2 sekelasnya Ima tergolong berkecukupan, kalau nggak bisa dibilang berlebih. Gak ada urgency-nya juga untuk memberikan bingkisan pada 30 anak seperti ini, lepas dari pelit gak pelitnya gw.. ;-) Kedua, gw gak pingin ikut arus beberapa ortu murid yang sudah menjurus ke arah show off; dengan berlomba2 memberikan bingkisan mahal pada teman2 sekelas anaknya. Aje gileee.. mosok sih ada ortu temannya Ima yg goody bag ultah anaknya berisi tas 40rb-an? Dikali 30 anak kan udah lebih dari 1 jeti tuh untuk goody bag doang.. ;-)

Bapaknya Ima sempat mencoba bernegosiasi dengan Ima: gimana kalau goody bag-nya dibagikan ke anak2 jalanan atau anak panti asuhan aja? Toh sama juga, bagi2 juga, dan bingkisannya jatuh ke tangan orang yang lebih membutuhkan. Tapi dengan kekeuh Ima menggelengkan kepala sambil matanya berkaca2 dan muka mellow. Bikin gw gemes dan khawatir anak gw udah ikut konsumtif.. ;-). Tapi ternyata alasannya gak sekonsumtif itu:

“Mbak Ima ingin membalas kebaikan teman2. Selama ini Mbak Ima dikasih bingkisan kalau mereka ulang tahun”

Dengar alasannya seperti ini, gw & bapaknya jadi mati ucap. Bak buah simalakama, kalau diijinkan berarti harus keluar dana tambahan, tapi kalau gak diijinkan bisa2 anak gw malah mengambil pesan yang salah: bahwa membalas kebaikan itu gak perlu.

So.. as always, bapaknya Ima punya solusi yang canggih: Mbak Ima harus menabung, nanti awal Juni tabungannya dihitung, dan bapaknya akan menyumbang 100% dari jumlah tersebut. Jumlah total tabungan plus subsidi itulah yang boleh digunakan untuk membeli goody bag. Toh, masih ada waktu 5 – 6 minggu hingga akhir Mei.

Kami berpikir keadaan aman terkendali. Berapa lama sih seorang anak umur 7 thn bisa tahan menabung sebanyak2nya? Paling setelah 1-2 minggu, dia berhenti dan berubah pikiran. Kantin sekolah tentu lebih menarik daripada celengan, apalagi buat anak yang nafsu makannya gede banget kayak Ima. Atau.. paling2 dia hanya bisa nabung Rp 1,000 – Rp 1,500 sehari. Dalam 6 minggu, paling mentok dapat Rp 50,000. Ntar bisa dibilangin bahwa gak cukup beli goody bag.

Akhir minggu pertama, pengasuhnya Ima laporan bahwa Ima sama sekali gak jajan seminggu itu. Semua uang sakunya masuk ke celengan. Tapi gw masih cuek. Baru minggu pertama! Paling jauh minggu ke-3 dia nyerah.. ;-)

Yang gw dan bapaknya Ima lupa, dengan orang tua sekeras kepala kami, mana bisa anaknya gak keras kepala?

Dan begitulah! Kemarin gw baru aja ngitung uang tabungan Ima. Jumlahnya.. ah.. pokoknya, gw trenyuh banget lihatnya! Jumlah itu baru bisa didapat jika Ima nyaris gak pernah jajan selama 6 minggu ini!

Jumlahnya, jika ditambah 100% subsidi dari bapaknya, sudah cukup untuk beli goody bag sederhana. Cukup juga untuk beli barang2 lain yang lebih dia inginkan. Makanya, sebagai upaya terakhir mengubah pikirannya, Ima ditanya: mau bagi2 goody bag atau beli barang yang diinginkannya?

Dan jawabannya tetap: Mbak Ima mau bagi2 kantongan untuk teman2 sekelas, karena kalau teman2 ulang tahun Mbak Ima juga selalu dikasih kantongan.

Her answer makes me proud, and a little ashamed of myself.. ;-). Bangga, karena dia tidak mudah tergoda dari tujuannya semula. Dan bangga, karena tujuannya begitu baik. Dia tidak berniat bagi2 kantongan supaya sama dengan teman2nya, tapi untuk membalas apa yg sudah diberikan padanya. Jawabannya juga bikin gw rada2 malu, karena gw yang udah setua ini pun gak punya pikiran seperti itu (hehehe.. ibunyaima emang rada2 merki ;-))

*Ohya, jadinya gw nyumbang juga.. hehehe.. itung2, sebuah komplimen untuk kekerashatiannya Ima. Moga2 keras hatinya terus berlanjut sampai dewasa.. dan mudah2an.. temen2 masa remajanya nanti gak punya ide bagi2 HP pas ultah. Bisa susah gw, kalau Ima mau membalas kebaikan hati teman2nya bagi2 HP.. ;-)*