Friday, November 11, 2005

Bulan Bintang 2 Syawal 1426 H

Gw hanya ingin berbagi sebuah fenomena alam yang menarik buat gw.

Malam lebaran kedua, gw duduk di pendopo rumah eyang gw di Solo. Sendirian aja, segala macam hal yg selama ini gw simpan baik2 di alam bawah sadar (tsah!) bersliweran di benak gw. Jam 19:00, langit sama sekali gak berbintang, dan bulan belum muncul.

Tapi kira2 pukul 20:00, tiba2 bulan sabit muncul. Dan tak lama kemudian, satu bintang (hanya satu bintang!) muncul kira2 di atas lengkungan bulan sabit. Mirip dengan bulan bintang di kubah masjid.

Kemunculannya nggak lama, hanya sekitar 5 menit, kemudian keduanya tertutup awan. Makanya gw nggak sempat motret pakai digicam, hanya kebetulan motret dengan HP (makanya bulannya gak terlalu jelas, tapi percaya deh itu bulan sabit, bukan bulan purnama. Kan tanggal 2 di sistem penanggalan bulan).


Ini mungkin fenomena alam biasa. Tapi buat gw istimewa, karena ini pertama kalinya gw lihat bintang setelah bertahun2 (anak Jakarta gitu lhoww! Bintang udah kalah sama lampu Jakarta yang padat!).

Menjadi sangat istimewa karena gw lihat di malam 2 Syawal, masih dalam suasana kembali fitri. Dan terlihat sebentar ketika gw sedang dalam kontemplasi.