Thursday, September 15, 2005

Koalisi Kue Donat

Gw dan teman gw sedang iseng membahas tentang koalisi. Menurut gw, kata kunci dari koalisi adalah kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam kerjasama itu bisa jadi ada self-interest, tapi tetap ada common goal yang ingin dicapai bersama dengan kerjasama itu. Kerjasama dan common goal itu yang membedakan koalisi dari peer group, gank, pakta, atau kelompok sosial lainnya. Dalam peer group bisa saling membantu, karena ada rasa sayang antar para member. Namun itu tidak berarti para anggotanya saling berkoalisi.

Coalition: an alliance between entities, during which they cooperate in joint action, each in their own self-interest. This alliance may be temporary, or a matter of convenience.

Sebaliknya, para politikus bisa saja nggak saling sayang satu sama lain. Tapi karena ada tujuan bersama (misalnya mencegah partai tertentu menang mutlak) mereka bisa saja bekerja sama untuk mencapai tujuan itu. Dan itulah yg disebut berkoalisi, tidak perduli bahwa di belakang tujuan itu ada self-interest masing2; bahwa yg satu menghalangi kemenangan mutlak karena pingin jadi presiden sementara partai yang lain menghalangi karena kepercayaannya membuat dia tidak nyaman dengan presiden perempuan.

So, apa sih koalisi itu? Koalisi itu menurut gw adalah kue donat dengan kerjasama sebagai lubangnya.

Kok gitu? Ya emang gitu! Kan donat itu baru bisa dibilang donat kalau ada lubang di tengahnya. Bukan mekarnya adonan, karena kalau adonannya nggak mekar tapi ada lubang di tengahnya, tetap bisa dibilang donat bantet. Bukan juga toppingnya, karena kalaupun nggak dikasih topping, tapi ada lubang di tengahnya, maka tetap disebut sebagai donat tanpa topping.

Tapi coba loe hilangkan lubangnya. Apa yang loe dapat? Yup! Bukan lagi sebuah donat, bisa jadi jellydonuts (yg gak semua penggemar donat suka) atau bahkan English muffin!

Hal itu juga yg terjadi pada koalisi. Inti dari koalisi adalah kerjasama antara satuan2 yang ada di dalamnya. Selama ada cooperate in joint action di dalamnya, maka bisa disebut sebagai suatu koalisi. Gak perduli apakah aliansinya bertahan lama atau sebentar, dan seberapa kuat perbandingan antara intensitas self-interest vs. common goal. Yang penting adalah cooperate in joint action, seperti tergambar pada definisi di samping ini. Tapi selama aksi2 dilakukan secara terpisah, not cooperate in joint action, maka kemungkinannya masih terbuka lebar: koalisi atau bentuk persekutuan lain.

Well, donat, jellydonuts, dan English muffin sama enaknya buat gw. Tapi gw nggak pingin menamakannya donat kalau dia tidak punya lubang di tengahnya. Dan demikian pula dengan koalisi: selama belum terbukti ada cooperate in joint account, gw tetap enggak berani menyebutnya koalisi.