Thursday, June 16, 2005

The Uncracked Code

Tadi malam gw baru aja selesai membaca Deception Point. Dan dengan itu berarti keempat bukunya Dan Brown udah gw baca semua. Masih terbawa euphoria buku itu, gw iseng2 ngunjungin official site-nya. Eh… nggak tahunya ada link ke Secret, yg isinya komplit: dari Photo Gallery untuk semua benda yang dijadikan acuan di Da Vinci Code dan Angels & Demons, Bizzare Facts yang dijadikan acuan pengetahuan di keempat bukunya, dan… CHALLENGE!

Tantangannya adalah Uncover the Code. Kita mesti mengikuti petunjuk2 yang diberikan. Well… my kind of games banget! Iseng2 gw coba. Dan ternyata itu kesalahan besar… hehehe… karena gw jadi nggak berhenti memecahkan rahasia – sampai kelewat makan siang.

Ada 5 challenge yg harus dipecahkan. Tapi sebelumnya ada appetizer-nya dulu 3 pertanyaan. Appetizernya sih gampang… asal udah baca juga bisa. Semua ada di buku, masih seputar Mona Lisa dan Priory of Sion.

1. Habis itu baru deh challenge yang pertama: menebak enigmatic sculpture di koordinat yg dikasih. Lumayan gampang, tinggal browse ke Google sebentar; plenty of information there.

2. Challenge kedua: menebak “Who knows the exact location?” dari pesan yg sudah berhasil diterjemahkan dari Enigmatic Sculpture itu. Masih gampang juga, karena informasi itu juga ada di halaman2 yg didapat dari search engine tadi.

3. Challenge ketiga: menebak sebuah frase dicari huruf per huruf dari jacket-nya Da Vinci Code (yg tersedia online dan sudah diperbesar). Masih gak susah.

4. Challenge keempat: menebak pemilik frase di jawaban nomor 3. Ini mulai tricky! Masalahnya, brotherhood yg memiliki frase ini ejaannya agak tricky, gw butuh sekitar 10 menit meng-crack kodenya.

5. Challenge kelima: sheepishly I have to admit that I haven’t cracked the code yet! Gw tahu arahnya, tapi gak berhasil menebak.

Petunjuk yg harus gw pecahkan adalah sebagai berikut:

A dolphin and an anchor (but no sea)
A triangle on white is also a key
Between the two you’ll find a crimson field
Upon it printed faintly is a seal
Each number to a chapter points the way
Each chapter starts with word in muted gray
The letter that is first is what you seek
Thirteen of them (and though it all looks Greek)
Add three of all-seeing-eye – a perfect square
Began at E and Caesar guides you there

What famous phrase is printed around the seal? (3 kata)

Kata pertama: 1 huruf
Kata kedua: 8 huruf
Kata ketiga: 4 huruf

Hint tambahan: kata ini bukan berupa bahasa Inggris, banyak tertera di karya seni, dan bisa mendapatkan petujuk tambahan dari apa yg disebut Caesar box (dibahas di Digital Fortress).

Well… gw sudah sampai pada kesimpulan bahwa kata itu berhubungan dengan motto: Annuit Coeptis dan/atau Novus Ordo Seclorum. Kata ini tertera di setiap lembar dollar Amerika, artinya kurang lebih adalah “God has favored our undertaking – new secular order”. Ini tentu sangat relevant dengan cerita Da Vinci Code itu sendiri, yang menggambarkan bahwa Priory of Sion dulu pernah diselamatkan oleh Ordo Masonic; brotherhood yg menyebut dirinya sendiri “novus ordo seclorum”. Kata tersebut melingkari sebuah piramid dengan mata di tengahnya – simbol dari “all-seeing-eye”.

Annuit Coeptis sendiri terdiri dari 13 huruf. Kalau ditambah dengan 3, hasilnya adalah 16. Hasil perkalian 4x4, sesuai dengan pakem Caesar Box, yaitu metode pesan rahasia dimana pesan dituliskan dalam “perfect square of alphabets”.

Masalahnya sekarang, bagaimana gw harus men-decode Annuti Coeptis ini menjadi 3 kata – 1, 8, dan 4 huruf? Petunjuk mengatakan supaya memulai Caesar Box ini dari huruf E. Tapi gimana? Gw udah mencoba seluruh kombinasi, dan masih gagal:

E

P

T

I

S

A

N

N

U

I

T

C

O

Nah… bingung kan? Ada dua hal yg bikin bingung: apa huruf yg dimaksud dengan “add three all seeing eye” itu? Dan dimana huruf itu harus ditaruh untuk menggenapkan teka-teki ini menjadi sebuah perfect square? All-seeing-eye sendiri disebut sebagai “Shining Delta”, berarti mungkin huruf yg harus ditambahkan adalah “D” (dari Delta). Tapi harus ditaruh dimana?

Tapi mungkin juga yang dimaksud dengan all-seeing-eye itu adalah “novus ordo seclorum”, ordo yg meng-claim bahwa mereka mengawasi dunia baru. In that case, apa huruf yang harus ditambahkan? N-O-S, atau apa? Dan dimana?

Ada yang berminat ikutan pusing dengan teka-teki ini?